SMA NEGERI 1 TENGARAN

  • Beranda
  • Pos
  • In House Training: Pemanfaatan Koding untuk Pembelajaran Kreatif dan Interaktif di SMA Negeri 1 Tengaran

In House Training: Pemanfaatan Koding untuk Pembelajaran Kreatif dan Interaktif di SMA Negeri 1 Tengaran

Foto Bersama para guru SMA Negeri 1 Tengaran dan setelah mengikuti praktik pembuatan media pembelajaran berbasis koding dalam kegiatan In House Training (IHT) dengan narasumber.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang selaras dengan perkembangan teknologi, SMA Negeri 1 Tengaran menyelenggarakan kegiatan In House Training (IHT) tanggal dengan tema “Pemanfaatan Koding untuk Pembelajaran Kreatif dan Interaktif”. Kegiatan ini diikuti oleh para guru sebagai bagian dari penguatan kompetensi pedagogik dan literasi digital.
Melalui IHT ini, peserta diajak mengenal konsep dasar koding serta berbagai peluang penerapannya dalam pembelajaran. Koding diperkenalkan sebagai sarana yang dapat dimanfaatkan lintas mata pelajaran, tidak hanya terbatas pada informatika, tetapi juga sebagai media untuk melatih logika berpikir, kreativitas, kolaborasi, dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kegiatan berlangsung secara interaktif dengan penyampaian materi yang ringan dan aplikatif. Para guru juga mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung membuat media pembelajaran sederhana berbasis koding, seperti kuis interaktif, animasi, maupun permainan edukatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Antusiasme peserta terlihat dari diskusi dan saling berbagi ide selama kegiatan berlangsung. IHT ini memberikan pengalaman baru sekaligus wawasan bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih menarik, relevan, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik di era digital.
Melalui kegiatan In House Training ini, SMA Negeri 1 Tengaran berkomitmen untuk terus mendorong inovasi pembelajaran. Diharapkan, pemanfaatan koding dapat diterapkan secara berkelanjutan sehingga pembelajaran menjadi lebih kreatif, interaktif, dan bermakna bagi seluruh siswa.
Penulis : Nika Nur Hidayati, S.Pd.